Belajar membuat kelas elearning di LMS Moodle

Saat beberapa propinsi menyatakan lockdown dan anak diminta belajar dari rumah serta guru mengajar dari rumah ada kegalauan rari segua pihak terutama guru siswa dan orang tua.

Ada beberapa model guru mensikapi keadaan ini tetapi secara umum guru terasa keteteran dalam melaksanankan Pembelajaran dari rumah Karena Daring menjadi salah satu solusinya.

Kondisi guru dan kondisi sekolah menjadi faktor utama keberhasilan Pembelajaran daring ditambah lagi lokasi sekolah berada.

Beberapa aplikasi menjadi plihan dalam pelaksanaan pembelajaran daring kali ini, ada yang menggunakan ruag guru, sinology, edmodo, quipper, google classroom, lms moodle tau mungkin aplikasi lain.

Beberapa sekolah lagi karena keterbatasan di semua lini pilihannya ya pembelajaran lewat WhatsApp, baik WA pribadi maupun WA Groups.

Dari sekian aplikasi yang mungkin bisa dilaksanakan Untuk Pembelajaran Daring di masa Lockdown covid 19 than 2020 ini, SMAN 1 Dolopo menggunakan LMS Moodle sebagai pilihan Utamanya.

Awalnya  LMS Moodle ini Tanya di gunakan untuk usia saja, baik ujian harian, UTS, PAS, dan PAT. Karena kondisi ini memaksa semua harus bergerak jadilah LMS moodle tidak hanya sebagai wahana penilaian saja tetapi juga di pakai sebagai media Pembelajaran Daring.

untuk bisa semua bergerak pada minggu Pertama lockdown, yang kebetulan yang diminta belajar dirumah hanya siswa sedangkan guru masih bekerja di sekolah. Saat satu minggu itulah guru mulai membelajarkan diri cara mengisi konten dan cara menggunakan lms model.

Pelatihan sangatlah seru karena guru baru Pertama menggunakan lms moodle dalam Pembelajaran tetapi dengan daya juang yang sangat tinggi dan selalu melakuakan pendampingan sebaya saling asie dan asuh secara perlarán semua guru mampu meng create Pembelajaran daringnya. untuk mendampingi teman teman guru belajar dalam membuat kbm onlinenya juga di dampingi dengan video tutorial.

video tutorial Pertama yang dipakai mendampingi bapak ibu guru adalah bagaimana membuat kelas online di lms moodle.

baca juga: Memberi materi file dan folder dalam lms moodle

secara ringkas membuat kelas online di lms moodle antara lain:

  1. Guru login sebagai guru di lms moodle dengan Slamet http://elearning.sman1dolopo.sch.id:5060
  2. Memilih Kategori Mata pelajaran dan guru yang dibuat oleh admin
  3. kemudian klik add cource dan buat nama kelas sesuai jam mengajar conto Anim Hadi mengajar 2 jenjang kelas maka saya membuat cource Kimia Anim Hadi Kelas X dan Kimia Anim Hadi Kelas XI Karena saya ada di guru yang mengajar di kelas X dan XI
  4. Kemudian Kita Klik cource Kimia Anim Hadi Kelas X keluarlah topik topik
  5. Topik yang keluar itu diganti  dengan nama KD KD yang di munculkan dalam kelas tersebut.
  6. Setelah itu tingad enrol peserta didik yang menjadi siswa kita

untuk lebih jelasnya bisa membuka video tutorial cara membuat kelas di LMS moodle

 

semoga dengan tayangan membuat kelas online di elearning LMS moodle bapak Ibu Tidak bingung lagi, maju bersama hebat semua

Tinggalkan komentar