Membuat Soal Pilihan ganda pada elearning lms moodle

Lms moodle adalah Sebuah aplikasi elearning yang menyediakan fitur Pembelajaran dan sekaligus fitur fitur penilaian.

Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau “Learning Management System” (LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kelas (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kelas yang disediakan atau didaftarkan (enrol) untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan

Macam-macam Penilaian pada elearning lms moodle, Dalam penggunaanya di penilaian beberapa model penilaian yang sudah saya buatkan panduannya adalah:

baca juga: Membuat soal Pilihan Ganda, True False, dan soal isian pendek di lms moodle

Pilihan Ganda ini adalah penilaian yang paling banyak di gunakan dalam pengambilan Nilai baik disekolah maupun di lembaga apapun untuk melihat ketuntansan maupun untuk kepentingan kompetisi dalam Sebuah perlombaan.

Soal pilihan ganda dapat diskor dengan mudah, cepat, dan memiliki objektivitas yang tinggi, mengukur berbagai tingkatan kognitif, serta dapat mencakup ruang lingkup materi yang luas dalam suatu tes. Bentuk ini sangat tepat digunakan untuk ujian berskala besar yang hasilnya harus segera diumumkan, seperti ujian nasional,ujian sekolah, dan ujian seleksi pegawai negeri. Hanya saja, untuk meyusun soal pilihan ganda yang bermutu perlu waktu lama dan biaya cukup besar, disamping itu, penulis soal akan kesulitan membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi, terdapat peluang untuk menebak kunci jawaban, dan peserta mudah mencotek kunci jawaban. Secara umum, setiap soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan pengecoh (distractor).Dalam penyusunan soal tes tertulis, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan soal dilihat dari segi materi, konstruksi, maupun bahasa. Selain itu soal yang dibuat hendaknya menuntut penalaran yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan cara:a.mengidentifikasi materi yang dapat mengukur perilaku pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, atau evaluasi. Perilaku ingatan juga diperlukan namun kedudukannya adalah sebagai langkah awal sebelum siswa dapat mengukur perilaku yang disebutkan di atas;b.membiasakan menulis soal yang mengukur kemampuan berfikir kritis dan mengukur keterampilan pemecahan masalah; danc.menyajikan dasar pertanyaan (stimulus) pada setiap pertanyaan, misalnya dalam bentuk ilustrasi/bahan bacaan seperti kasus, contoh, tabel dan sebagainya.(Depdiknas, 2008)

Proses membuat soal pilihan ganda di lms moodle caranya beragam diantaranya:

  • langsung di buat di dalam lms moodle
  • dari word dirubah ke xml dengan bantuan plugin word to xml
  • dari word dirubah ke blacboard dengan bantuan aplikasi examview

Dari bermacam cara yang paling mudah membuat soal pilhan ganda di lms moodle adalah dengan bantuan aplikasi examview karena bisa merubah gambar,photo, grafik, tabel dan equation dengan sangat baik.

berikut cara membuat soal pilihan ganda dengan examview di moodle

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s