Membuat Soal Menjodohkan-Matching di lms moodle dengan examview

Jenis soal ini cocok untuk mapel IPS, Sejarah, ekonomi, atau Bahasa. Membuat Soal Menjodohkan-Matching di moodle menggunakan examview. siswa harus dapat mencocokkan antara kejadian dan tanggal kejadian yang tepat, kejadian dengan orang, kejadian dengan tempat, istilah dengan definisi, perkataan asing/istilah asing dengan istilah bahasa Indonesia yang baku, peraturan-peraturan dengan contoh, alat-alat dengan penggunaannya dan lain-lain.

Secara fisik, bentuk item tes menjodohkan terdiri atas dua kolom yang sejajar. Pada kolom pertama berisi pernyataan yang disebut daftar stimulus yang berarti dengan daftar premis karena dalam kolom tersebut berisi definisi, frasa atau kata tunggal dan kolom kedua berisi kata frasa yang disebut juga daftar respons atau jawaban. Sedangkan menurut Burhan (2001: 91) dalam tes bentuk menjodohkan, siswa dituntut untuk menjodohkan, mencocokkan, menyesuaikan, atau menghubungkan antara dua pernyataan yang disediakan, pernyataan biasanya diletakkan dalam dua lajur, lajur kiri berupa pernyataan pokok (stem) atau pertanyaan dan lajur kanan merupakan jawaban atas pernyataan lajur kiri.

Baca Juga: Membuat soal Drag and Drop teks di lms moodle

Pertanyaan menjodohkan ini pada umumnya kegunaannya terbatas pada pengukuran pengetahuan yang mencakup terminologi, batasan atau definisi, fakta, dan asosiasi konsep yang memiliki kaitan sederhana

Kelebihan Tes Menjodohkan

  1. Pembuatannya mudah
  2. Dapat dinilai dengan mudah, cepat dan obyektif
  3. Apabila jenis tes ini dibuat dengn baik, maka faktor menebak praktis dapat dihilanggkan
  4. Tes jenis ini sangat berguna untuk menilai berbagai hal:
    • antara problem dan penyelesaiannya
    • antara teori dan penemunya
    • antara sebab dan akibatnya
    • antara singkatan dan kata-kata lengkapnya
    • antara istilh dan definisinya

Berikut gambaran cara pembuatan soal menjodohkan di lms moodle dengan examvie, ternyata mudah membuatnya.

semoga bermanfaat, maju bersama hebat semua

Tinggalkan komentar